Jumat, 13 Mei 2016

Semester 3 di UT dan ujian minggu pertama

Diposting oleh Eka Suzanna di 06.26

Sebenarnya kesal banget tahu nggak mau mulai nulis ini....  T.T

Soalnya kemarin,  beberapa hari yang lalu gitu lah..  Sebenarnya aku sudah mulai nulis postingan ini..  Dan itu panjannggg bangettttttt....  (sekarang ingat lagi jadi kesal lagi kan ╥﹏╥ huhuhu.....  Udah ngetik panjang lebar,  ngoceh panjang lebar...  Hilang gitu aja, ya Allah sakitnya tuh di siniiiiiii *nunjuk dada* 〒_〒) Karena pas aku lagi sedang nulis di sini,  di saat yang bersaman Onassa nge-chat aku, ya jelas perhatianku bakal lebih fokus ke Onassa lah...  😅😁 Sampai akhirnya lama-lama aku memutuskan berhenti sebentar fokus di blog ini,  karena asliiii...  Aku gak bisa multitasking yg mana fokus pada 2 hal di saat yang bersamaan.  Dan jelas aku lebih milih Onassa ^^;

Aku mikirnya pasti ntar bisa disambung lagi....  Dengan tanpa aku harus ngesave dulu di draft...... Dodol banget kan??  😵 Gara-gara biasanya kalau ngeblog di laptop,  aku kebiasaan kalau nulis kan otomatis tersimpan di draft.  Ternyata kalau ngeblog di tab gak gitu....  Gak bisa tersimpan otomatis kalau nggak kita sendiri yg nge-save manual...  X.X
Dan padahal windowsnya gak aku close loh. Cuma aku tinggalin doang.  Dan ternyata aku ninggalnya kelamaan....  Ada kali 1 jam lebih ya?  (atau jangan-jangan 3-4 jam?  😵). Pas udah kelar chattie-chattie sama Onassa, balik lah aku..  Rencananya mau lanjut nge blog....  Eh....  Hilang doongg tulisan gue yang panjang ituuu 😭😭😭

Nangis darah gak sih????

Dan jadinya langsung males kan lanjutin,  karena kudu ngetik ulang. Feel-nya udah gak dapeettttttt.

Nih, sampai sekarang malah masih males.....

Tapi maksain diri....

Well,  udah lah ya...  Nggak usah ceritain gimana bobroknya aku *lagi* di semester 3 ini....  (sebenarnya di postingan yang hilang itu aku cerita panjang lebar soal ini,  makanya sekarang malas kalau disuruh ulangin..  Asli,  feel-nya udah gak dapet). Yang pasti....  Aku nggak belajar.  Sama sekali.  Sama sekali.  Sama sekali.  Iyep.  Sama sekali!

Ikut tutorial online?  Nope!  At all.

Apalagi ngerjain inisiasi dan tugas.  Boro-boro...

Belajar mandiri/baca modul?  Apalagiiiii..  Wong semester ini aku kagak beli modulnya sama sekali 😅

Iyes...  Asli gak belajar lah sama sekali.  Jadi,  semester ini pure aku cuma ikut ujian doang....  Pure cuma itu..  😅 Gak ada ikut tuton, gak ada kerjain inisiasi,  gak ada kerjain tugas, gak ada belajar/baca modul. Yah... gak ada bedanya sih sama semester dua. Bedanya kalau semester dua, aku masih lah ikut tuton minggu pertama dan inisiasi 1-2 walau udah tuh seterusnya absent karena terlalu sibuk dgn drama hidup. Trus aku juga pas semester 2 beli modul... walau gak dibaca.. tapi aku masij agak waras dikit mau SMS (sistem kebut seminggu/semalam) sebelum hari ujian.. walau ya sebenarnya gak ada yg bener2 masuk otak.

Nah kalau yg semester 3 ini? Blas kagak ada tuh yg namanya belajar!

Dan aku sekarang benar-benar pasrah sama nilai aku di semester 3 ini.  Karena jujur,  aku agak pesimis ya......  Aku gaj ikut tuton, gak kerja tugas.. so, kagaj ada nilai dari situ. Nilaiku akan murni diambil dari UAS (yah apa bedanya sama semester 2 sih). Duh.. Jadi mules nih perut😓

Ekspektasi ku sih...  Mungkin akan banyak nilai D dan C yg menghiasi nilaiku semester ini.  Malah mungkin E juga😖

Who knows....

Walau yah belajar dari semester sebelumnya yg mana aku ngekspektasi bakal dapat banyak D dan juga E,  sampai-sampai aku berdoa khusyuk..  Jangan E,  donggg...  D aja D...  Atau C juga gapapa.  Tapi jangan E....

But,  MashaAllah,  Tuhan Maha Baik dan Maha Penyayang...  Pas nilai keluar bulan Januari kemarin,  aku ternganga....  Nilaiku dihiasi 4 A dan 3 C... MashaAllah.....  😭 Tuhan benar-benar sayang banget sama Eka....

Tapi yang kali ini aku benar-benar pesimis sih kalau bakal ada mukjizat yg sama lagi....  Soalnya aku kayaknya benar-benar nggak tahu diuntung 😔 Udah dikasih hatimintanya jantung...

Tapi jangan-jangan mungkin juga aku ini kayak nantang diri sendiri..  Kamu bisa gak kamu dapat nilai bagus lagi di semester ini  kalau gak ikut tuton sama sekali dan gak baca modul AT ALL?  Coba! 

Mungkin gitu kali ya....  ^^; Aku kayaknya emang nantangin...

Dan hari pertama ujian ini...  Aku pun memulainya juga dengan sama bobroknya kayak bagaimana aku melalui bulan semester ^^;

Ujian minggu pertama kan tanggal 8 Mei 2016... Yang lain sudah pada sibuk urus kartu ujian dari bulan April....  Aku malah masih santai-santai pada seminggu sebelum Ujian...  Padahal itu orang udah hectic-hectic nya sibuk woro-wiri dengan masalah kartu ujian. Dan aku?  Sibuk nonton.  Malah sempat-sempatnya hari Jum'at, H-2 sebelum ujian...  Aku pergi nonton ke bioskop...  Nonton AADC2 😂 Canggih banget kan sayaahhh?

Jadi ceritanya,  sebenarnya aku sudah berencana mau ambil kartu ujian pas hari Rabu,  tanggal 4 Mei..  Tapi malas rasanya..  Ngantuk,  dan apalagi aku janji sama anak-anak ngajak mereka main.. Rasanya capek kalau pergi ambil kartu ujian lalu lanjut main.. Akhirnya aku batalkan lah niatku.

(Baru ingat.. Sempat-sempatnya eike main pas H-4 menjelang ujian 😂)

Aku waktu itu pikir,  ah..  Hari Kamis kan masih bisa..

Trus......  Males ternyata.  Nemenin anak-anak main ternyata melelahkan dan bikin pengen aku istrahat full 1 hari.  Kupikir, Jum'at kan masih bisa....

Hari Jum'at,  pergi lah aku....  Ditemani 3 kurcaci...  Dan.....  Nihil.  UPBJJnya tutup donggg....  Aye lupa kalau waktu itu libur,  tanggal merah...  Gustiiii 😂😂 Gini nih kalau kuliah online di rumah doang..  Jadi gak aware tanggal-tanggal merah.. 😂

Asli, nihil.  Pulang dengan lemas.  Lemasnya bukan karena gak bisa ambil KTPU aja...  Tapi karena udah jauh-jauh,  bayar bentor 50ribu.. Huhuhu.... Keluar duit 50ribu PP (pulang-pergi) tapi gak berhasil bawa pulang KTPU kan nyeseeekkkk.... Apalagi besoknya Sabtu...  Kata satpamnya kantor juga tutup kalau Sabtu 😭 Bikin makin lemes walau gak lemas-lemas banget karena toh KTPU bisa dicetak.  Jadi, pergi lah aku ke Warnet...  Dan di sini baru lemes lah saya.... Karena gak bisa cetak KTPU.  Error mulu websitenya....  Mulai lah curhat ke kakak senior di grup di FB.  Ternyata malah ada yg senasib dengan saya.. 😅

Nungguin websitenya 1 jam bolak-balik klak klik klak klik,  nihil...  Akhirnya bete,  capek,  stress..  Mutusin cabut pergi ke bioskop nonton AADC2 😁😂

Gak tahu sih ini kelewat stress atau kelewat nyante.

Sebenarnya aku berencana ntar pulang nonton jam 8 ke Warnet lagi..  Tapi ternyata merasa capek,  jadinya malas... 

Untungnya ada salah satu kakak yg nyuruh ke UPBJJ besoknya,  katanya buka setengah hari. Besoknya langsung lah aku ke sana lagi dengan harap-harap cemas.  Kalau ternyata tutup,  pergi ke warnet..  Kalau masih error juga websitenya...  Pasrah deh udah....  Gak usah ikut ujian semester ini.

ButAlhamdulillah.. Kantornya bukaaaa!!  😂😂😂 😂 *nangis jingkrak-jingkrak*

Yang jaga kebetulan bapak yg aku familiar banget.  Katanya biasanya tutup kalau Sabtu,  tapi khusus yg ini sengaja buka,  karena siapa tahu ada yg mau ambil kartu ujiannya.. 😂😂😂 *kayak saya dong,  Pak? *

Alhamdulillah masalah kartu ujian beres dan mendadak saya jadi semangat 45 nyambut ujian 😂

Well...  Walau diawali dengan hal buruk sih..  Malam sebelum ujian Chatting dengan Onassa dengan ending yg tak baik,  yg bisa dibilang berantem dan itu bikin aku sakit dan nggak bisa tidur sama sekali. Akhirnya bisa tidur jam 3-an...  Dan bangun jam 6 *lagi nggak sholat*. Itupun masih juga aku begitu santai....  Perlengkapan ujuan belum di siapkan...

Pas jam 7:28 aja aku masih sempat santai pakai toner dan cream muka 😂

Akhirnya ya telat lah sampainya.   Tapi telat beberapa menit doang sih. 

Sempat ditanyain kenapa telat sama yg ngawas..  Ya bokis bokis aja lah, soalnya malas ribet, jadi bilang aja mabuk naik pete-pete (angkot.  Tapi di Makassar sebutnya pete-pete). Ya nggak bokis banget lah..  Karena emang aku mabok sih naik angkot...  Pusing selama perjalanan. 

Di minggu pertama ini aku ada 4 ujian. 3 ujian uraian atau essay,  1 nya ujian pilihan ganda.

Aku kosong di jam kedua.

Dan aku emang udah hapal banget urutan hari ini,  jam pertama ujian essay/uraian, jam kedua kosong,  jan ketiga uraian/essay lagi,  jam keempat still uraian/essay, jam ke lima baru bisa bernapas dah,  ujiannya pilihan ganda.

Bayangin gak tuh?  Jam pertama uraian...  Untung lah ada jeda jam kedua,  tapi....  Jam 3-4-5 itu asli gak ada jeda barang semenit puuunn...  Langsung cyatt cyatt cyattt..  Beres ujian ke 3 langsung lanjut ambil soal ujian ke 4. Beres yg ke 4, langsung lanjut yg ke 5. Gimana gak gempor tuh otak dan tangan?  Pada kretek-kretek...

Begitu masuk kelas,  karena telat ya langsung ngerjain soal gak pakai napas. (Sebelumnya disuruh dulu ambil lembar jawaban uraian di ruang pabitia). Dan asli......  Eike speechless.. Dan ini mata nyaris juling mandangin soal.....  Kepalaku rasanya sampai muter-muter dan aku cuma bisa mijitin kepala.  Asli,  gak bisa berkutik.  Benar-benar gak tahu harus isi apaan.  Soalnya susah beneeerrr. Mata kuliah Translation 3. Disuruh nerjemahin..  Dan ada banyak yg harus diterjemahin.  Tema-nya susah lagi-lagi dengan kata-kata berat yg aku gak paham dan belum termasuk dalam kosakata yg aku kuasai -,,- Dan ini juga pertama kalinya aku ketemu/berhadapan dgn Translation. (Tapi bukan ujian menerjemahkan yg pertama. Semester dua kemarin aku dapat mata kuliah English For Translation, dan dengan bangganya saya bilang, saya dapat A, murni tanpa bantuan kamus apapun!!😙) Semester 3 ini aku ambil Translation 1-3 sekaligus, dan Translation 3 nya kena ujian jam pertama di hari pertama.

Nah yg Translation 3 ini ternyata gak sesimpel Matkul English for Translation. Kalau EfT kan cuma sebaris kalimat. Kalau Translation 3 ini PARAGRAF! Berupa paragraf yg harus diterjemahkan. Ada 6 paragraf pula! 3 paragraf harus diterjemahin dari Inggris ke Indonesia, 3 nya lagi Indonesia-Inggris. Dan semua itu mesti diterjemahin dalam waktu 1,5 jam saja! Gimana mau nerjemahin kalau aku aja gak tahu artinya apa..  Disuruh nerjemahin dari Inggris ke Indonesia,  lalu adari Indonesia ke Inggris.  Susah semuanya dan sukses bikin aku mati kutu dan gigit gigit jari.  Oh Tuhan....  Help meeeeeee~ Waktu berlalu lebih setengah jam dengan keadaanku yg cuma bengong diam mandangin soal cerita di naskah ujian....  Sementara kertas jawabanku masih bersih...

Stupid-nya akuuuu...... Kalau ujian menerjemahkan itu kan boleh buka kamus... Tapi aku gak bawa kamus sama sekali,  dong..  -_- (Judulnya adalah: lupaaaaa.  Lupa beliii.  Padahal dari jauh-jauh hari udah nge-put in my mind kudu beli kamus -_- Tapi ya gitu deh...  Bukan Eka namanya kalau gak lupa....... ) Jadi mati kutu deh kan.....

Eh tapi tapi,  kok aku liat ada yg sibuk dengan hape yah..?  Kayaknya lagi buka google translate tuh. Emang boleh?  Soalnya setahuku gak boleh.  Setahu aku aja sih ya....  Tapi kalau misalkan boleh,  ya aku juga mau dong!  Rugi dong sayaaa yang lain pakai bantuan google translate sementara aku cuma bisa bengong kayak sapi ompong.  Saya gak terima.  It's not fair! 

Tapi ternyata aku itu emang seorang warga negara yg baik dan benar nan patuh dan jujur banget kayaknya.....  Jadi takut banget gitu.  Padahal yg lain bisa enteng buka buku diam-diam atau minta bantuan alat elektronik (SMS teman lah,  buka google lah,  bahkan ada yg foto lembaran soal terus dikirim entah kemana...  Mungkin ke seseorang di suatu tempat yg stand by dengan buku modul buat bantu nyari jawaban :/ *suudzon aja si Eka*). Tapi aku?  Jiwa batin ini menolakkkk.  Aku gak mau curang,  dan aku paling gak bisa melanggar peraturan... Huhu.  Gak tau aku terlalu lugu apa gimana sih..  :/

Tapi aku mati kutu juga nih ngenerjemahin tanpa bantuan kamus.  At least kalau diizinin pakai google translate toh aku tetap nerjemahin sendiri,  gak ada unsur kecurangan.  Tapi aku takut juga,  soalnya setahuku cuma boleh buka kamus,  bukan buka google translate.  Aku semakin gelisah dan mati kutu,  gigit gigit jari,  garuk garuk kerudung..  Lirak lirik yg pada buka google translate.  Duhkalau begini terus aku ya nggak bakal bisa ngerjain sama sekali.

Akhirnya nekaattttt........  Aku berdiri dan nyamperin petugas yg ngawas.  Gila....  Disiplin banget kan saya...  😁😂 Yg lain pada cuek nyontek buka buku atau buka hape,  aku malah minta izin.....  😂😂😂

"Anu,  Bu.....  Ini kan katanya boleh buka kamus.  Boleh nggak kalau pakai kamus elektronik?"

"Iya, pakai saja.  Yg penting jangan sampai ketahuan panitia."

Nah loh...  Itu berarti kan sebenarnya nggak boleh 😂😂😂 Tapi at least dapat izin dari pengawas. Langsung aja aku balik ke tempat duduk dan dengan cepat sibuk nerjemahin dengan bantuan google translate. Tentunya kalau ada panitia masuk,  aku berhenti.  Ini sih yg agak menghambat,  tiap ada panitia masuk.. 😂 mana aku baru mulai bener-bener ngerjain ketika waktu udah berlalu satu jam,  gara-gara kelamaan mikir antara hitam dan putih.

Jadinya ya gak selesai......  Ada 2-3 paragraf yang belum diterjemahkan huhuhu :(. Pengawasnya minta dikumpul,  terpaksa kumpul.  Aku kan orangnya gitu..  Terlalu 'taat'😁 Haduh...  Gara-gara kelamaan mikir,  buang-buang waktu 😔 Aku jadi kesal dan gemes sendiri. Tapi bukan Eka namanya kalau kemudian gak langsung pasrah dan melupakan 😂

Begitu keluar ruangan,  perutku sakit.  Maagku kumat karena laper.  Aku memang gak boleh laper (dan nggak boleh kekenyangan).  Kalau sampai laper,  alamat tuh perut perih...  Ya kayak sekarang ini.  Aku meringis ringis duduk di kantin yg tutup.  Niat hati tadi mau makan mie goreng,  ternyata tutup.  Terpaksa bengong aja sambil megangin perut.  Sempat nanya ke mbak mbak bercadar yg lagi sibuk ketawa sendiri nonton sesuatu di laptop,  "Gak ada yg jual makanan di sini ya,  mbak?"

"Gak ada.  Kan tutup nih kantinnya."

Pertanyaan bloon sih emang 😂 Udah jelas tutup,  masih nanya.  Maklum,  namanya orang lapar,  ngarep ada mukjizat.. 😂

"Yah, jadi nggak nggak ada yg jual makanan ya? " Huhu..

"Nggak ada.  Tapi kalau di depan ada bakso."

"Oh.. "

Yah bakso....  Saya kecewa.  Lagi gak pengen makan bakso..  Apalagi dengan perut mules dan perih gini.  Langsung kehilangan selera...

Akhirnya coba bertahan...  Nahan perih...  Ide gila ini memang.  Masa saya berencana nahan perih sampai jam 5 sore?  Gilaaaa.  Memang tahan????  😂

Untung tak lama kemudian saya segera waras,  mana mungkin saya tahan.  Ya sudah,  saya beranjak ke depan..  Nyari makanan.  Tapi tetap kukuh gak mau bakso.  Saya yakin ada yg lain yg bisa di makan. 

Saya lewati si tukang bakso..  Terus jalan,  dan saya lihat ada warkop,  nah di situ tuh pasti ada makanan...

Saya pun mampir.  Tapi saya lihat daftar menu di depan kok cuma minuman dan kue...  Ya sudah lah,  pasrah saya beli kue.  Sambil curcol sama ibu yg jual: "Laper,  Bu...  Kantinnya tutup... Huhu. "

"Ohhh...  Kalau gitu gak mau makan mie aja?  Mie kuah atau mie goreng pakai telur."

Bengong. "Hah?  Ada emang??"

"Ada."

"Oohhh... Yah, ibu baru bilang."

"Kan ada ditulis tuh di daftar menu depan. "

"Ngfak ada,  Bu.  Tulisnya cuma minuman dan kue. "

"Ada,  di sini.. " nunjuk sampingnya yg tempat masak-masak.

Ternyata mie dkk nya masuk dalam daftar menu,  tapi gak ditulis di luar.. tapi di dalam.  Kalau liat daftar menu di luar, gak ada. Kalau yg di dalam,  ada.  Ya sudah,  langsung dah pesan mie goreng. Awalnya ditanya: "Pakai telur?"

Aku hampir menjawab mantap: "Nggakk!"

Tapi kemudian mikir,  halah, makannya aja udah mie,  udah nggak bener,  ya sekalian aja tambahin telur.  Nanggung 😂 Langsung ralat: "Pakai!"

"Pakai sayur nggak?"

Aku hampir jawab mantab lagi,  "Nggak!"

Soalnya apa gunanya lagi sayur?  Makan aja udah kagak ada bener nya,  biar ditambah sayur juga gak bakal ada manfaatnya,  cuma bakal jadi sampah.  Tapi kemudian mikir,  ya sutralah pakai saja,  hitung hitung biar gak merasa berdosa banget,  huhu.  Akhirnya ralat: "Eh,  pakaii!"

Jadi lah saya makan mie goreng pakai telur pakai sayur 😂

Begitu jam 11:27, aku cabut.  Soalnya ujian berikutnya kan jam 11:30. Gak mau dongg dapat predikat telat lagi 😂😂😂 Maluu uiyyy...  Soalnya pengawas yg ini 'berisiiikkkk' orangnya.  Aku telat aja bisa sampai kemana-mana beritanya.  Kayak yang tadi itu pas jam pertama,  nanya di depan orang banyak dengan suara kayak pakai toa,  "Eka,  kenaa kau terlambat,  Eka?" "Eka datangnya terlambat." Diulang-ulang gitu deh terus,  cuma gonta-ganti kalimat aja,  intinya mah ya sama,  pengumuman kalau 'Eka telat'.  Beliau sih sebenernya nanyanya gak 'nyakitin',  omongan biasa lah sebenarnya,  dan dia baik banget kok.  Tapi 'berisik' gitu kan saya maluuu 😂 Namanya juga orang Makassar.  Tapi saya respect sama beliau, bisa dibilang 'sayang'lah walau gak kenal.

Jadi karena gak mau lagi dapet cap 'tukang datang terlambat'(haduhh...  Kayaknya ini stempel sih memang udah melekat sama saya dari saya masih TK.  Dari orok malah kali yaaa :( ) saya datang sebelum jamnya.  Lah,  tapi kok pas sampai di kelas,  udah pada mulai ngerjain semuanya...  😂 Saya masuk sambil bingung,  ini udah masuk jam ujian ketiga apa masih jam ke-2? Eh..  Baru masuk belum nyampe bangku,  disambut sama ibu-nya:  "Nah ini dia si Eka!  Darimana kau Eka,  datang terlambat lagi!  Saya cariin,  mana ini si Eka gak datang-datang,  jangan-jangan ketiduran di mushola."

Haduuh...  'berisik' lagi si ibu...  Saya jadi cuma bisa nyengir.  Pengen protes sebenarnya,  'lhaaa buu,  kan ujiannya jam 11:30. Jadi bener dong saya datangnya tepat waktu! ' tapi ya sudah lah...  Saya mah emang gitu, pasrahan orangnya 😂

Saya pun duduk,  tentunya disuruh lagi ambil lembar jawaban uraian ke ruang panitia.......  Setelah itu mulailah saya bertempur lagi bersama HP Samsung J5 saya (kudu banget ya disebut merk-nya?  😂😂). Kali ini aku bener-bener ngerahin kecepatan menulis seribu jari!  Pokoknya gak mau banget kejadian sampai kayak yg jam pertama yg gak selesai :(

Tapi ternyata..  Gagal.  Still,  aku ketinggalan satu kalimat 😂 Iyaaaaaaa!  Tinggal satu kalimat lagi doang!!!  Nyesek gak tuh??  Kayaknya ini malah lebih nyesek dari yg jam pertama deh.  Secara satu kslimat lagi doaangggggg!  Haduuuhhh...... 

Bodoh banget si Eka emang ya,  masa satu kalimat lagi aja gak kekejar 😔

Tapi ibunya sih ngerongrong terus,  "Eka,  sudah belum?  Saya mau sholat Dzuhur." "Tinggal siapa?  Tinggal Eka ya? Ayoo..  Waktunya sudah habis.  Sudah belum?"

Malah sampai disamperiinn lohhh,  bikin aku pasang muka innocent  nan memelas,  "Iya nih,  bu..  Susah banget.  Masih belum selesai."

(Trus ibunya tak lupa dong 'berisik' lagi soal terlambat 😂😂 "Eka kenapa kau terlambat tadi,  Eka?" Gemeesssss,  ajhirnya aku jawav dgn muka meringis "Kan katanya jam setengah 12 masuknya,  Bu." Ibunya pun tersenyum: "Iya,  itu si Renny juga sama ngeluh telat,  bilangnya setengah 12." Tapi ternyata ia masih tertarik sama saya..  "Eka ini gak bisa naik mobil katanya *ngomong ke para hadirin yg lagi sibuk nunduk ngadepin ujian* *lalu balik lagi ngomong ke saya yg juga sibuk nunduk dengan ujian*. Gimana kau itu,  gak bisa kau jadi orang kaya gak bisa naik mobil. " Dan saya pun cuma meringis.  Haduh,  Bu, itu mah nggak usah disebut saya juga tahu.  Saya demen kok jadi orang kaya,  tapi gak perlu punya mobil.  Yg penting banyak duit 😂😂😂😂😂😂

"Atau nanti kalau Eka jadi orang kaya,  beli helikopter saja, " selorohnya. Aku lagi-lagi cuma bisa meringis plus nyengir. "Amiinn... " Hahaha.)

Dalem hati sih eike ngusir-ngusir 'aduh,  Bu...  Sana deh.  Saya nggak konsentrasi nulis nihhh' 😂😂😂

Trus ya ibunya karena ngerecokin saya mulu,  dan jam ujian habis,  trus tinggal saya sendiri,  ya saya keburu nggak enak dan tengsin.  Jadi akhirnya nyerah dan berdiri setor jawaban yg tinggal satu kalimat lagi ituuu 😂😂 huhu..

Ya sudah lah..  Berdoa saja nilainya bagus.

Gustii...  Padahal saya udah ngerahin kecepatan menulis 1000 lohh...  Masih juga kepepet waktu,  ampuunnn 😩 Emang sempat ngadat tengah jalan sih,  gara-gara ada salah satu pengawas kelas kalian masuk dan makan siang bareng pengawas kelasku,  aku yg terlalu polos dan innocent ini takut-takut gitu jadinya,  nggak leluasa 'nyontek' gadget.. Jadinya sempat aku diam aja matung sampai tuh pengawas selesai makan dan ngobrol dan balik ke habitatnya. Mungkin itu yg bikin aku mepet 'lagi' sama jam ujian.

Saya kemudian pindah tempat duduk,  karena yg punya bangku datang.  Waktu aku lagi ngerjain soal dia nyamperin tanya,  "Duduknya di kursi nomor berapa?" Aku pun tersadar kalau yg aku dudukin adalah bangkunya.  Kita kan kalau ujian sudah ada bangku nomor masing-masing.  Tapi karena dari semester satu sampai semester dua aku itu gak pernah 'diajarin' disiplin sama bangku alias duduk suka-suka,  aku ya jadinya cuek aja.  Tadi jam pertama aku pun dudukna sembarangan. Pas jam ketiga nih,  karena kulihat bangku depan dekat tembok kosong,  ya aku ambil.  Asal duduk aja sebenarnya.  Ternyata yg punya bangku 'disiplin'.  Mau duduk di bangkunya sendiri.  Ya dia nggak salah lah.  Cuma aku sempat agak sal-ting aja,  kebiasaan 'diajarin' duduk suka-suka lalu ketemu yg disiplin jadi gimana gituu..  Hehe.  Tapi aku ngangguk sama dia, bilang,  "Iya,  bentar ya, mbak, " soalnya lagi hectic sama ujian.

Begitu udah setor jawaban,  aku langsung bergegas beberes dan pindah.  And again, asal duduk lagi aja 😁 Di bangku belakang ya kosong.  Main taruh aja tas dan alat-alat bertempur ujian.  Tapi mejanya berdebu,  terpaksa lah saya bersih-bersih dulu.  Tapi kemudian teringat,  kenapa juga sih aku asal milih tempat duduk gini.  Kenapa nggak duduk sesuai nomorku aja?  Tiru dong kakak itu,  disiplin!  Aku menegur diriku. 

Mataku pun mulai jelajatan nyari tempat dudukku (setelah ngecheck di kartu ujian,  aku mestinya duduk di bangku nomor 12). Nemu....  Tapi ada orangnya.  Ada mas-mas gondrong berkacamata gitu 😁

Ya wis...  Tuh kan..  Pada banyak yg duduknya ngasal.  Gimana aku jadinya nggak ngikutan asal 😁

Akhirnya aku tetap diam aja di bangku belakang,  nunggu soal dan lembar jawaban dibagikan.  But again, lembar jawabannya gak ada.  Mesti diambil sendiri ke ruang panitia.

"Eka ini uraian mulu, " tukas Ibunya.  Haha.  Maksudnya,  aku seharian ini ujiannya uraian/essay mulu, yg lembar jawabannya selalu gak ada.  Aku pun sendiri merasa wonder woman,  gileee... Seharian ini aku kerjain ujian essay berturut-turut loh. Apa nggak gempir nih jari dan otak 😂

Pergilah aku turun ke bawah,  ke ruang panitia.

Selain saya,  ada dua orang lagi (kalau tak salah), satu perempuan,  satu lelaki. Begitu tiba di ruang panitia,  ternyata habis lembar jawaban untuk uraian. Disuruh balik ke kelas dulu sambil sementara di foto copy.  Disuruh bikin coretan dulu di kertas buram.  Nahhh..  Kebeneran nih pikirku!!  Ada waktu dong saya buat nerjemahin semua soal dengan google translate. Jadi ntar tinggal salin aja sambil dibenerin (karena elo nggak boleh percaya google translate 100%. Jadinya sesat ntar 😂)
Aku optimis ujian essay ketiga ini aku musti berhasil kerjain semua,  apalagi sekarang aku ada waktu khusus untuk nerjemahin dulu sebelum nulis.

Elah dalah....  Ternyata nggak,  dong. Biar udah pakai strategi nerjemahin dulu dan tinggal salin begitu lembar jawaban datang,  tetap ajaaaa.......  Nggak keburu!! 😂😂 Sumpeh nggak tahu kenapaaa. Kayaknya karena pada panjang-panjang gitu jawabannya. Ini ujian apa sih?  Bentar..  Oh.  Translation 2. Kok rasanya lebih berat dari Translation 3 yg jam pertama tadi ya?  😂 Perasaan aja kali yaa...

Tapi walau keburu,  Alhamdulilah aku ngerjain semuanya.  Walau yah aku makai jam ujian ke 5 😂 Bodo amat dah.  Jadi yg lain pas begitu masuk jam ke 5.. Pada ngerjain ujian ke 5, aku masih berkutat dengan ujian ke 4, dah masa bodo teuing.

Ibunya again sempat nyamperin aku.  "Sudah?"

Huhu..  "Bentar,  Bu.  Panjang banget nih soalnya huhu.. "

Ibunya kembali ke meja nungguin sambil ngobrol sama panitua.  Iya,  ada panitia.  Tapi eike udah masuk tahap masa bodo teuing.  Hahaga.  Gak ada waktu buat mikir banyak!!  Jam gue udah habis,  kalau pakai acara mikir-nikir lagi matilahhhh sayaaaaa.

"Ini sudah jam ke 5 nih..  Kepake waktumu buat ujian ke 4, nanti tambah ngfak sekesai tepat lagi kau kerjain yg ke 5, karena waktumu kau pakai buat jam ke 4," kata ibunya,  dan saya tetep masa bodo tuing wae.

Akhirnyaaa...  Setelah nambahin kecepatan nulis 2000 jari,  kelar lahhhhh......  Dengan capek dan lega saya maju ngumpulin lembar jawaban. 

"Cepat kau, " kata ibu panitua waktu lihat aku ambil soal ujian ke 5. Pilihan ganda! Hip hip hurrayy...  Aku nyaris histeris Alhamdulillah..  Akhirnya dapat yg pilihan ganda.  Berkutat seharian dengan essay udah bikin aku nyaris sinting.

Ah..  Gampamg mah kalau pilihan ganda... Aku suka aku sukaa...  (karena dalam sejarah perkuliahan,  gak pernah tuh aku megang rekor ip C kalau ujian pilihan ganda. Gampang soalnya. Kecualiii kalau itu soal 'yg menggunakan bahasa indonesia' kayak semester lalu tuh jan ada Ilmu Seni Budaya Dasar dan Pengantar Statistik Sosial..  ISBD gue dapat D,  Pengantar Statistik mukjizat dapat C). Jadi ini mah gampangg...  Gampangg..  Pasti cepet aku kerjainnya...

Begitu pikiranku,  sampai ketika aku buka soal dan ngedapetin soalnya dalam bahasa indonesia......  Aku bengong. Lalu segera ngecek,  ini ujian apa ya...  O m g....  Bahasa Indonesia Tatabahasa.....  Aku sukses tepuk jidat di tempat.  Ya amppuuunnn.....  Mati gue..............  Ini jelas-jelas saya bakal mati kutu......  Karena you know lah,  bahasa indonesia itu nggak susah kalau ko belajar.  Lah ini gue jan kagak belajar sama sekaliii...  Ya pasti susah lahhhhhhh.  *tepuk jidat lagi* *lemes*

Dengan nggaj semangat aku mulai baca soal demi soal...  Dan aku nggak bergeming cukup lama,  sementara yg lain sudah sibuk ngebuletin.

Soal boleh pilihan ganda,  tapu kalau lo nggak hapal majas-majas,  dan segala tetek bengeknya itu, ya udah dijamin pasti lo cuma bisa garuk garuk kening.

Akhirnya aku coba kerjain yg mudah-mudah.....  Dan bisa dilihat, begitu selesai ngejawab yg bisa...  Buletan gue isinya melompong..  Nggak penuh.  Banyak yg lahannya kosong.  Tanda banyak yg dijawab.  Setelah berkutat sampai lewatin waktu *again*, akhirnya beres semua dijawab (kebenarannya mari kita serahkan saja pada yg di atas). Itu pun aku gak jawab ada kali 5 soal.  Ya sudahlah....  :/ Padahal bisa aja kan jawab asal, tapi ya sudahlah...  Biar aja kosong...  Huhuhu...  Haduh, gaktahu deh nih ntar dapat nilai berapa.

Pokoknya yg penting ujian hari pertama berhasil saya lalui walau dengan ya gitu deh.......

So,  bye-bye....  Sampai jumpa di cerita ujian hari kedua.....

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih kunjungannya~ :)

 

bOLLywood-giRL.coM © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor