Jumat, 15 Mei 2009

Diposting oleh Eka Suzanna di 04.43
Judul : Me and My Prince Charming
Penulis : Okke Rizka S.
Penerbit : Puspa Swara
Tahun Terbit : 2007
Tebal Buku : 232 halaman

Oleh : Eka Bhakti, Adi Kelvianto, Mustika Sari

Buku yang Lebih Menyegarkan daripada Sebuah Jeruk

Novel ini menceritakan tentang hidup seorang tokoh yang bernama Cherry Danisha. Dia adalah seorang murid di SMU 1 dan mempunyai seorang pacar bernama Andros.
Andros adalah The Most Wanted Male on SMU 1. Mereka bertemu pertama kali di rumah Cherry. Pada saat itu, Andros datang untuk bermain PS2 dengan Adit, kakak tiri Cherry. Saat itulah Andros meminta Cherry menjadi pacarnya. Dan Cherry setuju karena dia mencintai Andros.
Selama mereka berpacaran, Andros tidak pernah menunjukkan sikap seperti orang yang berpacaran. Dia lebih terkesan tidak peduli dengan Cherry. Hal itu membuat Cherry merasa tidak percaya diri lagi untuk menjadi pacar Andros.
Tiba-tiba di sela hubungan mereka ada Namie, mantan pacarnya Andros yang kembali dari New York ke Indonesia untuk menemui Andros. Hal itu membuat Cherry cemas dan khawatir karena dia merasa Andros masih menyayangi Namie.
Tanpa ada yang tahu, Namie merencanakan suatu hal licik untuk memisahkan Cherry dengan Andros. Cara itu berhasil membuat Andros kembali padanya dan membuat Cherry merasa dicampakkan.
Cherry yang merasa tersingkir pun meninggalkan Andros bersama Namie. Dia berencana pergi ke luar negeri agar dapat melupakan Andros. Dan dia beuntung. Pada akhirnya kelicikan Namie ketahuan oleh Andros. Dia membatalkan kepergiannya karena Andros ternyata mencintainya. Andros mengakui seluruh perasaannya bahwa selama ini dia selalu menyayangi Cherry. Dia juga menjelaskan bahwa selama ini dia bersikap tidak peduli karena dia tidak tahu bagaimana caranya menghadapi seorang cewek.
Akhirnya, Cherry dan Andros kembali berpacaran dengan syarat Cherry harus bisa menerima sikap Andros yang apa adanya.
Novel ini tidak sulit dipahami karena pengarangnya menggunakan sudut pandang orang pertama yang membuat pembacanya bisa memasuki dunia cerita si tokoh utama. Pembaca bisa merasakan perasaan tokoh utama saat sedang sedih, gembira, kesal, marah, benci, dan sebagainya. Itulah keunikannya.
Tema yang diungkap dalam novel ini adalah tentang percintaan. Percintaan antar remaja yang penuh liku dan masalah. Tapi pada akhirnya berakhir bahagia, Tema ini sangat menarik bagi para remaja karena sudah merupakan hal yang umum dan sering terjadi di lingkungan sekitar mereka. Meskipun tema ini sudah sering dibahas, para remaja tidak akan pernah bosan. Mereka dapat memahami isi cerita novel ini dengan mudah karena karakter tokohnya tidak terlalu sulit untuk dikenal. Pengarang bisa menggambarkan karakter tokoh utamanya dengan sangat jelas. Perasaan tokoh utamanya bisa dirasakan dan dipahami oleh pembacanya. Dalam novel ini, penokohan yang paling unik adalah tokoh Andros. Karena pengarang menggambarkannya sebagai sosok yang perasaan atau pemikirannya sulit untuk dipahami dan dimengerti. Tapi selain itu, pengarang juga bisa menunjukkan sisi baik dari tokoh tersebut dibalik sifatnya yang susah dipahami.
Pembaca dapat mengambil sisi nilai positif dari novel ini saat melihat kepedulian Adit terhadap adik tirinya Cherry. Meskipun hanya seorang saudara tiri, dia sangat menyayangi Cherry seperti adik kandung. Pembaca bisa memetik nilai positif dari hal itu.Meskipun keluarga mereka tidak ada hubungan sedarah tapi sangat damai dan akur. Ibu tiri Cherry juga menyayangi Cherry seperti anak kandung. Begitu juga dengan Ayah Cherry yang sangat menyayangi Adit.
Buku ini sangat menghibur. Bahasa yang digunakannya santai dan mudah dicerna. Pengarangnya bisa mengerti di bagian mana yang dapat disampaikan dengan cara humor dan di bagian mana yang bisa disampaikan dengan cara yang serius agar para pembaca tidak merasa terganggu. Tidak salah kalau buku ini banyak disukai remaja dan menjadi best seller.
Pengarang buku best seller ini adalah Okke Rizka Septania. Dia lahir di Palembang, 14 September 1986. Me and My Prince Charming adalah novel pertamanya yang diterbitkan. Dan dia kuliah di Komunikasi UGM angkatan 2004.



Keterangan:

Ini adalah tugas resensiku waktu itu. aq meresensi novelnya Kak Orizuka yang berjudul Me and My prince Charming.

Semoga bila ada yang membaca resensi ini, dapet meningkatkan minatnya pada novel-novel kak Orizuka... Oke??? ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih kunjungannya~ :)

 

bOLLywood-giRL.coM © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor