Minggu, 11 Juli 2010

Confeito by Windhy Puspitadewi

Diposting oleh Eka Suzanna di 07.27
Lima orang beda karakter sobatan. Hana, cewek cuek dan pelupa yang bercita-citajadi penulis. Ridwan, si playboy yang cakep dan tajir. Seta, kutu buku pendiam yang menganggap nilai ujian segala-galanya. Leo, si bijak tempat curhat teman-temannya. Angga, cowok jayus spesies manusia bodoh (ngikutin istilah Ada Band).

Katanya nih, sahabat itu kan bikin kita benar-benar bisa jadi diri kita sendiri, nggak perlu ada yang ditutup-tutupi. Tapi apa iya, sahabat masih mau menerima kita saat kita benar-benar membuka semua kelemahan kita?

Hubungan kelima orang ini terjalin seperti sestoples confeito, gula-gula aneka warna yang bentuknya seperti bintang kecil. Ada kalanya mereka merasakan manisnya persahabatan, tapi tak jarang juga menghadapi benturandan gesekan sepertiyang terjadi saat confeito-confeito itu dijejalkan ke dalam satu stoples.

***

Komentarku:

ceritanya sederhana.persahabatan antara 4 cowok dan 1 cewek yang dibalut dengan kisah sendiri - sendiri dan akhirnya bertemu pada satu titik...nice story!!

ceritanya bernuansa jepang bgt (kayaknya windhy suka bgt j-pop ya?), dan terinspirasi beberapa lagu bgus... bahkan aku jadi suka lagunya 5 for fighting yang superman..

Tapi meskipun begitu, aku nggak terlalu tertarik sama novel ini. Cukup 3 bintang. Karena aku suka ceritanya, tapi nggak yang suka-suka banget gitu.

mengutip dari pembaca Confeito lain ,

hal-hal yang sedikit menghilangkan kesanku pada ceritanya adalah

Pertama, endingnya yang masih ngegantung dan terlalu tipis.

Kedua, diksinya. Pilihan diksi kak Windhy masih agak ada yang janggal.terasa agak belum ngeflow.Beberapa pilihan katanya masih kurang lancar, meski sudah bagus Mungkin akan lebih baik kalau sedikit diperbaiki, soalnya idenya udah bagus banget

oh ya, Terlalu banyak kutipan, peribahasa, dsb, jadi malah kaya buku kutipan bijak, bukan teenlit. Karakter masing-masing tokoh jadi ga kuat, karena semuanya seakan-akan berlomba buat ngucapin kalimat bijak. Bahkan seorang cowok playboy dan selenge'an sekalipun. Di akhir cerita semua tokoh di buku ini jadi seragam semua karakternya: bijak!

tapi...waktu temen sekelasku di SMA sempat menggunakan ini cerita sebagai drama, hasilnmya TOP! Jadi aku rasa ceritanya udah bagus, cuma gaya bahasa kak windhy aja yang perlu dirubah . Yah aku maklumin kan ini novel pertama kak Windhy.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih kunjungannya~ :)

 

bOLLywood-giRL.coM © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor